“PENGGUNAAN MEDIA QR CODE
By : Mom's Anna (Pengajar SMAN 1 Pulung Ponorogo)
DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI”
By : Mom's Anna (Pengajar SMAN 1 Pulung Ponorogo)
Smartphone
digunakan untuk menginstal aplikasi QR Code yang ada di google play. Setelah terinstal maka dapat digunakan untuk
melakukan scaning melihat materi
pertanyaan diskusi yang muncul dalam bentuk titik atau barcode. Metode pembelajaran ini sangatlah seru karena
pelaksanaannya secara berkelompok, sehingga setiap kelompok akan saling
bersaing dalam kecepatan dan ketepatan menyelesaikan permasalahan yang ada
dalam barcode. Dengan metode
pembelajaran beraplikasi QR Code
peserta didik dapat mengidentifikasi permasalahan dan memberikan argumentasi
untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.
Secara garis besar langkah-langkah yang dilakukan dalam pembelajaran
dengan media QR Code adalah:
(1) Guru dan siswa harus menyiapkan smartphone,
(2) Guru sebelumnya hrs menginstal QR generator
barcode untuk menuliskan pertanyaan-pertanyaan yang akan didiskusikan
(3) Jika smartphone
belum ada aplikasi QR Code maka
segera download dan pasang pada smartphone melalui google play,
(4) Apabila tidak sempat download maka bisa dilakukan dengan cara
mengaktifkan bluetooth dan mintalah
pada guru lain atau peserta didik lainnya yang telah terpasang aplikasi QR Code,
(5) Setelah terpasang maka belajarlah melakukan scaning dengan mengarahkan kamera QR Code yang telah disiapkan sebelumnya,
(7) Pada saat proses scaning dengan QR Code
perhatikan jarak antara obyek dan smartphone,
aturlah supaya obyek ada dalam bingkai kamera sehingga obyek bisa cepat
terbaca,
(8) Pada saat proses scaning dengan QR Code perhatikan juga pencahayaan obyek jangan
sampai terlalu terang,
(9) Apabila ingin menyimpan hasil
pemindaian maka guru atau siswa bisa melakukannya dengan screenshoot di smartphonenya,
(10) Tetaplah menjaga keamanan dan
kebersihan lensa pada smartphone supaya bisa nyaman saat digunakan.
Generator Barcode adalah bagian yang harus diinstal guru pengampu
mata pelajaran yang akan menggunakan media QR
Code dalam pembelajarannya. Kalau dalam hal ini mengangkat materi
pembelajaraannya sosiologi maka tugas guru sosiologi untuk menginstal generator barcode tersebut. Setelah berhasil menginstal, maka langkah
selanjutnya guru menuliskan materi diskusi atau pertanyaan di generator barcode. Pertanyaan yang
ditulis haruslah sesuai dengan tema materi yang disampaikan atau yang sedang
dibahas. Misalkan pada minggu ini pembahasannya berkaitan dengan konflik maka
pertanyaan yang di ketik di generator
barcode haruslah berhubungan dengan bahasan konflik sosial. Hasil dari ketikan guru di generator barcode kemudian disave dan selanjutnya bisa di print out atau dicetak hasilnya sejumlah
nomor soal yang akan didiskusikan secara kelompok. Jadi pada intinya, hanya gurulah pengampu
mata pelajaran yang menginstal generator barcode. Dari hasil bahasan materi diskusi atau soal
yang sudah disave atau disimpan bisa langsung dicetak dan kemudian digunakan
dalam pembelajaran. Siswa yang kemudian
akan menerima hasil cetak tersebut.
QR Code ini adalah bagian yang harus didownload oleh para siswa untuk dapat mengetahui tugas atau materi yang diberikan guru dalam bentuk barcode. Setelah didownload maka melakukan scaning dari hasil cetak yang diberikan oleh guru pengampu mata pelajaran. Dengan menggunakan smartphone, siswa melakukan download QR Code. Karena tanpa melakukan download QR Code maka tidak dapat melakukan scaning tugas dari guru.
Penggunaan media QR Code di kelas
Pada kegiatan awal guru memulai pembelajaran dengan
memberikan salam, berdoa bersama, membaca Asmaul Husna dan menyanyikan lagu
Indonesia Raya. Kemudian guru melakukan absensi. Proses pembelajaran dengan media QR Code dimulai dengan memberikan
apersepsi yang berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya. Dalam hal ini, guru
memberikan pertanyaan kepada para siswa mengenai materi sebelumnya. Selanjutnya
guru memberikan penjelasan mengenai kompetensi dan materi apa yang akan
dipelajari beserta metode yang yang akan digunakan dalam proses pembelajaran.
Kemudian guru meminta seluruh siswa untuk membuka buku pegangan sosiologi dan
membacanya selama lima belas menit.
Langkah selanjutnya adalah membentuk kelas menjadi
5 kelompok dimana didalamnya terdiri sekitar 6-7 orang. Caranya dengan memakai
hitungan, dimulai berhitung dari angka 1 sampai angka 5 dan bisa dimulai dari
barisan belakang ataupun barisan depan. Di saat guru mengatakan berhitung mulai
maka setiap siswa mulai berhitung sampai semuanya mendapat kelompok.
Kemudian, siswa akan bergabung dengan
siswa lainnya sesuai dengan angka yang di sebutkannya tadi. Setelah
berkoordinasi secara internal maka menunjuk salah seorang siswa diutamakan yang
memiliki smartphone. Tugas yang
dilakukannya adalah mendownload QR Code dan kemudian melakukan scaning
materi atau tugas kelompok dari guru. Setelah tiap kelompok melakukan scaning terhadap beberapa soal tahapan
berikutnya adalah melakukan diskusi di
dalam kelompoknya.
Untuk lebih jelasnya berikut adalah prosedur pembelajaran dengan menggunakan media QR Code secara sederhana :
(1) Hasil print out dari generator barcode oleh guru ditempel di beberapa tempat di area sekolah. Jumlah print out yang berisikan pertanyaan adalah enam lembar. (terserah bapak ibu inginkan) Jadi setiap peserta didik dalam kelompok mendapat jatah secara bergantian untuk melakukan scaning dengan QR Code. Sedangkan untuk mengetahui lokasi tempelan hasil print out barcode scannernya sudah diberikan petunjuk oleh guru bersangkutan tinggal bagaimana anggota kelompok mengarahkannya,
(2) Kemudian setiap kelompok saling berlomba mencari dan melakukan scaning setelah mendownload QR Code,
(3) Setelah itu peserta didik yang ditugaskan melakukan scaning kembali ke kelompoknya dengan membawa hasil pertanyaan dari hasil scaning di smartphone,
(4) Kemudian mendiskusikan dan menuliskan di lembaran hasil dari diskusi tersebut dan menyerahkan kepada guru,
(5) Kegiatan itu berlangsung secara terus menerus sampai keenam soal bisa dijawab oleh semua kelompok. Dan kelompok yang bisa menyelesaikan tugasnya terlebih dahulu akan memperoleh poin tambahan,
(6) Setiap anggota kelompok maju menyajikan hasil dari diskusinya tersebut dan kelompok lain bertugas menanggapinya. Itu berlangsung secara bergantian
(7) Setelah semua kelompok maju maka tugas guru memberikan evaluasi dan penilaian.
(8) Akhirnya pemebelajaran dengan media QR Code selesai juga
Untuk lebih jelasnya berikut adalah prosedur pembelajaran dengan menggunakan media QR Code secara sederhana :
(1) Hasil print out dari generator barcode oleh guru ditempel di beberapa tempat di area sekolah. Jumlah print out yang berisikan pertanyaan adalah enam lembar. (terserah bapak ibu inginkan) Jadi setiap peserta didik dalam kelompok mendapat jatah secara bergantian untuk melakukan scaning dengan QR Code. Sedangkan untuk mengetahui lokasi tempelan hasil print out barcode scannernya sudah diberikan petunjuk oleh guru bersangkutan tinggal bagaimana anggota kelompok mengarahkannya,
(2) Kemudian setiap kelompok saling berlomba mencari dan melakukan scaning setelah mendownload QR Code,
(3) Setelah itu peserta didik yang ditugaskan melakukan scaning kembali ke kelompoknya dengan membawa hasil pertanyaan dari hasil scaning di smartphone,
(4) Kemudian mendiskusikan dan menuliskan di lembaran hasil dari diskusi tersebut dan menyerahkan kepada guru,
(5) Kegiatan itu berlangsung secara terus menerus sampai keenam soal bisa dijawab oleh semua kelompok. Dan kelompok yang bisa menyelesaikan tugasnya terlebih dahulu akan memperoleh poin tambahan,
(6) Setiap anggota kelompok maju menyajikan hasil dari diskusinya tersebut dan kelompok lain bertugas menanggapinya. Itu berlangsung secara bergantian
(7) Setelah semua kelompok maju maka tugas guru memberikan evaluasi dan penilaian.
(8) Akhirnya pemebelajaran dengan media QR Code selesai juga







Comments
thanks Bu Anna