Skip to main content

BELAJAR SOSIOLOGI DENGAN QUIZIZZ


DENGAN KUIS INTERAKTIF “QUIZIZZ” BELAJAR SOSIOLOGI
TAMBAH MAKIN SIIPP

Oleh : Anna Rusmiyati, S. Sos
Guru SMAN 1 Pulung Ponorogo

Pendidikan menjadi salah satu dampak yang mau tidak mau harus berbenah untuk bisa mengimbangi dengan kemajuan jaman. Ternyata informasi dan teknologi mempengaruhi aktivitas sekolah dengan sangat masif. Keduanya menyebar dengan mudah dan aksesibel bagi siapa saja yang membutuhkannya. Pendidikan mengalami disrupsi yang sangat hebat sekali. Peran guru yang selama ini sebagai satu-satunya penyedia ilmu pengetahuan sedikit banyak bergeser menjauh darinya.  Untuk masa mendatang, peran dan kehadiran guru di ruang kelas akan semakin menantang dan membutuhkan kreativitas yang sangat tinggi.
Guru adalah salah satu kunci dalam ekosistem pendidikan.  Seorang guru haruslah mampu mengubah hidup siswa dan mengubah kehidupan bangsa.  Apalagi, sekarang adalah jaman revolusi industry 4.0 ditandai dengan kemajuan teknologi dan internet.  Semua mengedepankan kecepatan dalam mengakses berbagai informasi.  Begitupula dengan metode yang ditawarkan oleh guru dalam memberikan materi haruslah disesuaikan dengan kondisi zaman yang sedang berlangsung sekarang.  Selayaknya pembelajaran yang bermuatan ilmu dan teknologi lebih dikedepankan tanpa mengenyampingkan metode pembelajaran lain, seperti metode ceramah ataupun metode lainnya.
Sebenarnya kalau mau jujur, guru yang cantik itu banyak.  Guru yang ganteng pun juga tak kalah banyaknya.  Mereka mungkin disenangi peserta didik dikarenakan penampilan fisiknya yang keren.  Tetapi untuk menjadi seorang guru yang menyenangkan apa cukup dengan penampilan fisik yang keren saja?  Tentu saja tidak.  Ada beberapa indikator yang sangat berperan dalam mewujudkan seorang guru yang menyenangkan.  Selain penampilan fisik yang oke, ternyata penguasaan materi dan metode pembelajaran yang tidak menjenuhkan menjadi  indikator yang harus diperhitungkan dalam kegiatan belajar mengajar.  Ketiga hal tersebut apabila dikemas menjadi satu paket akan menghasilkan sesuatu yang sangat apik dimana sangat dibutuhkan oleh peserta didik dalam pencapaian tujuan pembelajaran.
Guru menyenangkan adalah sosok yang sangat ditunggu peserta didik ketika proses pembelajaran berlangsung.  Sebagai salah satu aset penting dalam pendidikan, maka dari pihak pemerintah sendiri harus ikut mengadakan pembinaan.  Sedangkan  dari pihak guru sendiri haruslah memiliki kesadaran dan kemauan untuk mengubah kepribadian dan kompetensinya.  Sinergi antara kedua komponen tersebut sangat besar pengaruhnya dalam usaha menciptakan guru yang disenangi oleh peserta didiknya.  Guru yang menyenangkan adalah guru yang menyajikan pembelajaran dengan efektif dan efisien, kepribadiannya positif, memiliki kompetensi handal dalam bidang tugasnya, serta selalu memiliki metode pembelajaran baru.  Dengan begitu peserta didik akan menikmati pembelajaran tanpa ada rasa bosan dan jenuh.
Dalam kegiatan belajar mengajar, salah satu prasyarat agar pembelajatan berhasil adalah penggunaan metode  yang dipakai.  Hendaknya penggunaan metode dan media pembelajaran yang tepat dan variatif sangat dianjurkan oleh guru.  Tujuannya adalah agar peserta didik merasa nyaman, tidak jenuh, dan bersemangat dalam pembelajaran.  Untuk dapat memilih dan memvariasikan metode pembelajaran yang tepat, seorang guru haruslah memiliki pengetahuan yang luas.  Apalagi sekarang adalah zamannya revolusi industri 4.0 dimana semua bidang sudah mengedepankan informasi melalui jaringan atau internet.  Begitupula dengan bidang pendidikan, diharapkan memilih dan menggunakan metode pembelajaran disesuaikan dengan zamannya.  Mayoritas sekarang ini peserta didik telah menggunakan gadget atau handphone sebagai alat untuk berkomunikasi.  Bagi mereka, tanpa adanya handphone dunia dianggap sepi sehingga muncul fenomena bahwa handphone dianggap barang yang sangat berharga dan bukan barang mahal lagi.  Zaman revolusi industri 4.0 telah menjadikan semua bidang semakin maju menuju perubahan ke arah modern tak terkecuali bidang pendidikan.
Untuk menciptakan proses pembelajaran yang menarik, seorang guru tetap harus mampu memvariasikan penggunaan metode dan media pembelajaran yan tepat.  Karena secara psikologis, manusia cenderung senang terhadap hal-hal yang baru.  Jika sesorang berada dalam situasi yang monoton, ia menjadi cepat merasa lelah dan bosan.  Jadi metode belajar yang bervariasi merupakan kunci dalam menciptaka kebaruan dan dinamika pembelajaran.
Terdapat beberapa metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan  konsentrasi belajar peserta didik. Salah satu metode pembelajaran tersebut adalah e-learning. Pembelajaran berbasis e-learning dan jaringan pembelajaran elektronik atau e-learning telah dimulai pada tahun 1970-an (Waller dan Wilson, 2001) yang secara global konsep pembelajaran berbasis komputer dan jaringan sering kali diartikan sebagai e-learning. E-learning melayani proses belajar mengajar dan evaluasi pembelajaran dengan berbasiskan komputer, bahkan pada revolusi industri 4.0 ini lebih banyak memanfaatkan android.
Salah satu media evaluasi pembelajaran berbasis e-learning adalah dengan menggunakan quizizz. Media evaluasi pembelajaran Quizizz juga memberikan data dan statistik tentang kinerja peserta didik, bahkan bisa mendownload statistik ini dalam bentuk spreadsheet Excel. Dosen dapat melacak jumlah jawaban mahasiswa. Pemanfaatan quizizz membantu pendidik dalam melakukan evaluasi tanpa dibatasi tempat, tampilan yang menarik dan pengaturan waktu yang diatur menuntun konsentrasi peserta didik.
 Pada kesempatan ini, penulis menawarkan metode pembelajaran yang sangat menarik dan pasti sangat disuka oleh peserta didik.  Dengan menggunakan metode kuis interaktif “Quizizz” menjadi salah satu alternatif mapel sosiologi semakin diminati peserta didik.  Berkembangnya teknologi dan informasi semakin mempermudah manusia dalam melakukan segala hal. Demikian pula halnya dalam bidang pendidikan, dimana teknologi ternyata mempermudah guru dalam melaksanakan tugas-tugasnya dalam kelas.  Salah satu contoh yang berkaitan dengan penggunaan teknologi yaitu handphone, maka dalam pembelajaran di kelas pada jam sosiologi dapat menggunakan kuis interaktif.  Salah satu kuis yang dimaksud tersebut adalah sebuah kuis aplikasi yang dinamakan quizizz
Quizizz merupakan sebuah web untuk membuat permainan kuis interaktif yang bisa digunakan dalam pembelajaran dikelas (bisa digunakan untuk evaluasi pembelajaran). Quizizz sekarang bisa diakses melalui playstore bagi pengguna android, sehingga dalam penggunaannya lebih praktis dan tentunya mobile friendly.  Pada dasarnya quizizz hampir sama dengan quipper dan kahoot karena merupakan media pendidikan yang berbasis e-learning semacam kelas online. Namun ketiganya memiliki ciri khas masing-masing ada kelebihan dan juga memiliki kekurangan. 
Pelaksanaan game dengan quizizz sangatlah mudah, pertama adalah host (pembuat soal).  Pembuat soal adalah seorang guru atau pengajar. Yang kedua ada user, yaitu siswa yang bergabung untuk menjawab soal-soal yang sudah dibuat oleh guru. Akses yang diberikan kepada user atau siswa yang melakukan join atau bergabung hanya ketika mengerjakan soal dan pilihan jawaban yang harus dijawab. Selama menjawab user atau siswa bisa melihat skor atau nilai dalam bentuk prosentase.  Kuis interaktif ini memiliki opsi jawaban 5 pilihan yaitu opsi A sampai E. Begitupula dengan peserta didik bisa langsung melihat jawaban yang benar.  Di samping itu guru sebagai pembuat soal juga juga bisa menambahkan gambar latar belakang pertanyaan disesuaikan dengan pengaturan pertanyaan. Apabila quiz sudah selesai dibuat, tinggal membagikannya kepada peserta didik dengan cara membagikan 5 digit kode akses game yang sudah dibuat ke siswa. Tetapi sebelumnya masing-masing peserta didik telah men-download melalui playstore aplikasi quizizz tersebut.
Pada pembelajaran sosiologi untuk penerapan quizizz di awali guru login atau masuk ke www.quizizz.com.  Untuk lebih mudahnya guru bisa login menggunakan akun google (gmail/email).  Kemudian pilih untuk menjadi guru/teacher.  Selanjutnya lengkapi data diri dan muncul dasboard atau beranda dari quizizz.  Kemudian guru meng-klik create new untuk membuat quiz.  Guru bisa menuliskan berapapun jumlah soal atau pertanyaan sesuai dengan yang dikehendakinya dalam bentuk pilihan ganda. Tak lupa guru juga bisa menentukan opsi jawaban yang yang benar.  Selanjutnya  beri nama quiz tersebut  (sesuai keinginan guru) dan pilih tipe soal sosial studies.  Bikin quiz pilihan ganda sesuai dengan kebutuhan jumlah soal. Jika sudah selesai maka langkah selanjutnya bisa mengklik tombol finish.
Setelah proses pembuatan quiz selesai, saatnya pendistribusian soal ke peserta didik. Untuk masuk kelas dan mengikuti quiz, peserta didik tinggal memasukkan code dari guru dalam kotak bertanda merah.  Setelah kode dimasukkan maka peserta didik bisa mulai masuk ke game quizizz dengan memgetik nama yang akan digunakan pada game tersebut.  Di layar laptop bapak ibu guru akan langsung muncul nama-nama peserta didik.  Setelah semua peserta yang akan bermain game namanya ada semua maka siap untuk dilakukan game quizizz.  Guru memberi hitungan 1, 2, 3 langsung klik start maka akan keluar beberapa pertanyaan.  Setelah itu peserta didik bisa mulai mengerjakan sejumlah pertanyaan materi sosiologi yang disajikan dalam bentuk kuis.  Yang membikin menarik tampilan di quizizz ini adalah option jawaban dengan warna-warni yang cerah dan juga musik yang mengiringi.  Disamping itu, hasil antar peserta didik dapat langsung bisa dilihat di depan kelas dengan bantuan laptop dan LCD.  Antar peserta didik  akan saling sehingga kondisi kelas semakin hangat karena motivasi mereka untuk menjawab soal benar semakin tinggi untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
Pembelajaran sosiologi dengan game quiziz bagi peserta didik ternyata sangat mengasyikkan. Selain untuk mengatasi rasa kebosanan ketika pembelajaran, kuis ini juga bisa dijadikan latihan untuk mengerjakan soal-soal. Soal yang disajikan dengan model yang variatif ditambah dengan gambar semakin membuat peserta didik senang belajar sosiologi.  Metode ini bisa menjadi salah alternatif menciptakan suasana kelas yang dinamis dan juga mampu menumbuhkan motivasi belajar bagi peserta didik.  Apalagi sekarang mayoritas peserta didik memiliki handphone android sehingga memudahkan guru memberikan soal-soal latihan lewat media tersebut. Sebagai guru, sudah saatnya berbenah untuk menyajikan metode pembelajaran disesuaikan dengan perkembangan zaman. Jangan malah menghindar, tetapi bagaimana kita belajar dan menerapkan metode bermuatan IT untuk pembelajaran di kelas.



Comments

Popular posts from this blog

KONFLIK SOSIAL DI MASYARAKAT

1. Pengertian Konflik Konflik adalah suatu proses sosial di mana dua pihak atau lebih saling berusaha untuk mengalahkan pihak lain dengan cara menghancurkan atau membuatnya tidak berdaya. Konflik dapat terjadi karena adanya perbedaan kepentingan, nilai, atau tujuan antara individu atau kelompok. 2. Faktor Penyebab Terjadinya Konflik Konflik dapat timbul karena berbagai faktor, antara lain: Perbedaan Nilai dan Norma: Ketika individu atau kelompok memiliki nilai dan norma yang berbeda, potensi konflik meningkat. Perbedaan Kepentingan: Kepentingan yang berbeda-beda, terutama yang bertentangan, seringkali menjadi sumber konflik. Ketimpangan Sosial: Perbedaan yang mencolok dalam hal kekayaan, kekuasaan, dan status sosial dapat memicu konflik. Stereotip dan Prasangka: Pandangan yang tidak adil dan prasangka terhadap kelompok lain dapat memperburuk konflik. 3. Bentuk-Bentuk Konflik Konflik dapat dikategorikan ke dalam beberapa bentuk, antara lain: Konflik Intrapersonal: Konflik yang terj...

INTERAKSI SOSIAL DALAM MASYARAKAT

  Pengertian Interaksi Sosial Interaksi sosial adalah proses di mana individu atau kelompok berhubungan dan saling mempengaruhi satu sama lain. Interaksi ini bisa berbentuk kerjasama, persaingan, atau bahkan konflik. Interaksi sosial merupakan dasar dari kehidupan sosial karena tanpa interaksi, kehidupan bersama tidak akan terjadi. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Interaksi Sosial Beberapa faktor yang mempengaruhi interaksi sosial antara lain: Nilai dan Norma Sosial: Aturan-aturan yang mengatur perilaku individu dalam masyarakat. Nilai dan norma berfungsi sebagai pedoman untuk berinteraksi secara harmonis. Status Sosial: Posisi atau kedudukan seseorang dalam masyarakat. Status sosial dapat mempengaruhi cara seseorang berinteraksi dengan orang lain. Peran Sosial: Harapan-harapan yang melekat pada status sosial seseorang. Peran sosial menentukan bagaimana seseorang seharusnya berperilaku dalam interaksi. Komunikasi: Proses pengiriman dan penerimaan pesan antara individu atau kelom...

KELOMPOK SOSIAL

  Kelompok sosial adalah sekumpulan individu yang memiliki interaksi, hubungan, dan tujuan bersama dalam suatu lingkungan sosial. Kelompok ini terbentuk karena adanya kesamaan kepentingan, nilai, norma, atau tujuan yang ingin dicapai bersama. Menurut George Herbert Mead , kelompok sosial merupakan tempat individu berinteraksi dan membentuk identitas sosialnya. Sedangkan menurut Emile Durkheim , kelompok sosial terbentuk karena adanya solidaritas sosial, baik mekanik maupun organik. B. Ciri-Ciri Kelompok Sosial Kesadaran sebagai bagian dari kelompok Setiap anggota menyadari bahwa dirinya adalah bagian dari kelompok tersebut. Adanya interaksi sosial Anggota kelompok saling berkomunikasi dan berinteraksi secara langsung maupun tidak langsung. Memiliki norma dan aturan Setiap kelompok memiliki aturan yang mengatur perilaku anggotanya. Memiliki tujuan bersama Setiap kelompok memiliki visi dan misi yang ingin dicapai bersama...