DENGAN
KUIS INTERAKTIF “QUIZIZZ” BELAJAR
SOSIOLOGI
TAMBAH
MAKIN SIIPP
Oleh
: Anna Rusmiyati, S. Sos
Pendidikan menjadi salah
satu dampak yang mau tidak mau harus berbenah untuk bisa mengimbangi dengan
kemajuan jaman. Ternyata informasi dan teknologi mempengaruhi aktivitas sekolah
dengan sangat masif. Keduanya menyebar dengan mudah dan aksesibel bagi siapa
saja yang membutuhkannya. Pendidikan mengalami disrupsi yang sangat hebat
sekali. Peran guru yang selama ini sebagai satu-satunya penyedia ilmu
pengetahuan sedikit banyak bergeser menjauh darinya. Untuk masa mendatang, peran dan kehadiran
guru di ruang kelas akan semakin menantang dan membutuhkan kreativitas yang
sangat tinggi.
Guru adalah salah satu
kunci dalam ekosistem pendidikan.
Seorang guru haruslah mampu mengubah hidup siswa dan mengubah kehidupan
bangsa. Apalagi, sekarang adalah jaman
revolusi industry 4.0 ditandai dengan kemajuan teknologi dan internet. Semua mengedepankan kecepatan dalam mengakses
berbagai informasi. Begitupula dengan
metode yang ditawarkan oleh guru dalam memberikan materi haruslah disesuaikan
dengan kondisi zaman yang sedang berlangsung sekarang. Selayaknya pembelajaran yang bermuatan ilmu
dan teknologi lebih dikedepankan tanpa mengenyampingkan metode pembelajaran
lain, seperti metode ceramah ataupun metode lainnya.
Sebenarnya kalau mau
jujur, guru yang cantik itu banyak. Guru
yang ganteng pun juga tak kalah banyaknya.
Mereka mungkin disenangi peserta didik dikarenakan penampilan fisiknya
yang keren. Tetapi untuk menjadi seorang
guru yang menyenangkan apa cukup dengan penampilan fisik yang keren saja? Tentu saja tidak. Ada beberapa indikator yang sangat berperan dalam
mewujudkan seorang guru yang menyenangkan.
Selain penampilan fisik yang oke, ternyata penguasaan materi dan metode
pembelajaran yang tidak menjenuhkan menjadi
indikator yang harus diperhitungkan dalam kegiatan belajar
mengajar. Ketiga hal tersebut apabila
dikemas menjadi satu paket akan menghasilkan sesuatu yang sangat apik dimana
sangat dibutuhkan oleh peserta didik dalam pencapaian tujuan pembelajaran.
Guru menyenangkan adalah
sosok yang sangat ditunggu peserta didik ketika proses pembelajaran
berlangsung. Sebagai salah satu aset
penting dalam pendidikan, maka dari pihak pemerintah sendiri harus ikut
mengadakan pembinaan. Sedangkan dari pihak guru sendiri haruslah memiliki
kesadaran dan kemauan untuk mengubah kepribadian dan kompetensinya. Sinergi antara kedua komponen tersebut sangat
besar pengaruhnya dalam usaha menciptakan guru yang disenangi oleh peserta
didiknya. Guru yang menyenangkan adalah
guru yang menyajikan pembelajaran dengan efektif dan efisien, kepribadiannya
positif, memiliki kompetensi handal dalam bidang tugasnya, serta selalu
memiliki metode pembelajaran baru.
Dengan begitu peserta didik akan menikmati pembelajaran tanpa ada rasa
bosan dan jenuh.
Dalam kegiatan belajar
mengajar, salah satu prasyarat agar pembelajatan berhasil adalah penggunaan
metode yang dipakai. Hendaknya penggunaan metode dan media
pembelajaran yang tepat dan variatif sangat dianjurkan oleh guru. Tujuannya adalah agar peserta didik merasa
nyaman, tidak jenuh, dan bersemangat dalam pembelajaran. Untuk dapat memilih dan memvariasikan metode
pembelajaran yang tepat, seorang guru haruslah memiliki pengetahuan yang
luas. Apalagi sekarang adalah zamannya
revolusi industri 4.0 dimana semua bidang sudah mengedepankan informasi melalui
jaringan atau internet. Begitupula
dengan bidang pendidikan, diharapkan memilih dan menggunakan metode
pembelajaran disesuaikan dengan zamannya.
Mayoritas sekarang ini peserta didik telah menggunakan gadget atau
handphone sebagai alat untuk berkomunikasi.
Bagi mereka, tanpa adanya handphone dunia dianggap sepi sehingga muncul
fenomena bahwa handphone dianggap barang yang sangat berharga dan bukan barang
mahal lagi. Zaman revolusi industri 4.0
telah menjadikan semua bidang semakin maju menuju perubahan ke arah modern tak
terkecuali bidang pendidikan.
Untuk menciptakan proses
pembelajaran yang menarik, seorang guru tetap harus mampu memvariasikan
penggunaan metode dan media pembelajaran yan tepat. Karena secara psikologis, manusia cenderung
senang terhadap hal-hal yang baru. Jika
sesorang berada dalam situasi yang monoton, ia menjadi cepat merasa lelah dan
bosan. Jadi metode belajar yang
bervariasi merupakan kunci dalam menciptaka kebaruan dan dinamika pembelajaran.
Terdapat beberapa metode
pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan konsentrasi belajar peserta didik. Salah satu
metode pembelajaran tersebut adalah e-learning. Pembelajaran berbasis
e-learning dan jaringan pembelajaran elektronik atau e-learning telah
dimulai pada tahun 1970-an (Waller dan Wilson, 2001) yang secara global
konsep pembelajaran berbasis komputer dan jaringan sering kali diartikan
sebagai e-learning. E-learning melayani proses belajar mengajar
dan evaluasi pembelajaran dengan berbasiskan komputer, bahkan pada revolusi
industri 4.0 ini lebih banyak memanfaatkan android.
Salah satu media evaluasi pembelajaran
berbasis e-learning adalah dengan menggunakan quizizz. Media
evaluasi pembelajaran Quizizz juga memberikan data dan statistik tentang
kinerja peserta didik, bahkan bisa mendownload statistik ini dalam bentuk spreadsheet
Excel. Dosen dapat melacak jumlah jawaban mahasiswa. Pemanfaatan quizizz
membantu pendidik dalam melakukan evaluasi tanpa dibatasi tempat, tampilan
yang menarik dan pengaturan waktu yang diatur menuntun konsentrasi peserta
didik.
Pada kesempatan ini, penulis menawarkan metode
pembelajaran yang sangat menarik dan pasti sangat disuka oleh peserta
didik. Dengan menggunakan metode kuis
interaktif “Quizizz” menjadi salah satu alternatif mapel sosiologi
semakin diminati peserta didik.
Berkembangnya teknologi dan informasi semakin mempermudah manusia dalam
melakukan segala hal. Demikian pula halnya dalam bidang pendidikan, dimana
teknologi ternyata mempermudah guru dalam melaksanakan tugas-tugasnya dalam
kelas. Salah satu contoh yang berkaitan
dengan penggunaan teknologi yaitu handphone, maka dalam pembelajaran di
kelas pada jam sosiologi dapat menggunakan kuis interaktif. Salah satu kuis yang dimaksud tersebut adalah
sebuah kuis aplikasi yang dinamakan quizizz
Quizizz merupakan
sebuah web untuk membuat permainan kuis interaktif yang bisa digunakan
dalam pembelajaran dikelas (bisa digunakan untuk evaluasi pembelajaran). Quizizz
sekarang bisa diakses melalui playstore bagi pengguna android,
sehingga dalam penggunaannya lebih praktis dan tentunya mobile friendly.
Pada dasarnya quizizz hampir sama dengan quipper dan kahoot karena
merupakan media pendidikan yang berbasis e-learning semacam kelas online. Namun
ketiganya memiliki ciri khas masing-masing ada kelebihan dan juga memiliki
kekurangan.
Pelaksanaan game
dengan quizizz sangatlah mudah, pertama adalah host (pembuat
soal). Pembuat soal adalah seorang guru
atau pengajar. Yang kedua ada user, yaitu siswa yang bergabung untuk menjawab
soal-soal yang sudah dibuat oleh guru. Akses yang diberikan kepada user atau siswa
yang melakukan join atau bergabung hanya ketika mengerjakan soal dan
pilihan jawaban yang harus dijawab. Selama menjawab user atau siswa bisa
melihat skor atau nilai dalam bentuk prosentase. Kuis interaktif ini memiliki opsi jawaban 5
pilihan yaitu opsi A sampai E. Begitupula dengan peserta didik bisa langsung
melihat jawaban yang benar. Di samping
itu guru sebagai pembuat soal juga juga bisa menambahkan gambar latar belakang
pertanyaan disesuaikan dengan pengaturan pertanyaan. Apabila quiz sudah
selesai dibuat, tinggal membagikannya kepada peserta didik dengan cara
membagikan 5 digit kode akses game yang sudah dibuat ke siswa. Tetapi
sebelumnya masing-masing peserta didik telah men-download melalui
playstore aplikasi quizizz tersebut.
Pada pembelajaran
sosiologi untuk penerapan quizizz di awali guru login atau masuk ke www.quizizz.com. Untuk lebih
mudahnya guru bisa login menggunakan akun google (gmail/email). Kemudian pilih untuk menjadi guru/teacher. Selanjutnya lengkapi data diri dan muncul
dasboard atau beranda dari quizizz. Kemudian guru meng-klik create new
untuk membuat quiz. Guru bisa
menuliskan berapapun jumlah soal atau pertanyaan sesuai dengan yang
dikehendakinya dalam bentuk pilihan ganda. Tak lupa guru juga bisa menentukan
opsi jawaban yang yang benar. Selanjutnya
beri nama quiz tersebut (sesuai keinginan guru) dan pilih tipe soal sosial
studies. Bikin quiz pilihan
ganda sesuai dengan kebutuhan jumlah soal. Jika sudah selesai maka langkah
selanjutnya bisa mengklik tombol finish.
Setelah proses pembuatan quiz selesai, saatnya pendistribusian soal ke
peserta didik. Untuk masuk kelas dan mengikuti quiz, peserta didik
tinggal memasukkan code dari guru dalam kotak bertanda merah. Setelah kode dimasukkan maka peserta didik
bisa mulai masuk ke game quizizz dengan memgetik nama yang akan
digunakan pada game tersebut. Di layar
laptop bapak ibu guru akan langsung muncul nama-nama peserta didik. Setelah semua peserta yang akan bermain game
namanya ada semua maka siap untuk dilakukan game quizizz. Guru memberi hitungan 1, 2, 3 langsung klik
start maka akan keluar beberapa pertanyaan.
Setelah itu peserta didik bisa mulai mengerjakan sejumlah pertanyaan materi
sosiologi yang disajikan dalam bentuk kuis.
Yang membikin menarik tampilan di quizizz ini adalah option
jawaban dengan warna-warni yang cerah dan juga musik yang mengiringi. Disamping itu, hasil antar peserta didik
dapat langsung bisa dilihat di depan kelas dengan bantuan laptop dan LCD. Antar peserta didik akan saling sehingga kondisi kelas semakin
hangat karena motivasi mereka untuk menjawab soal benar semakin tinggi untuk mendapatkan
hasil yang maksimal.
Pembelajaran sosiologi
dengan game quiziz bagi peserta
didik ternyata sangat mengasyikkan. Selain untuk mengatasi rasa kebosanan
ketika pembelajaran, kuis ini juga bisa dijadikan latihan untuk mengerjakan
soal-soal. Soal yang disajikan dengan model yang variatif ditambah dengan
gambar semakin membuat peserta didik senang belajar sosiologi. Metode ini bisa menjadi salah alternatif
menciptakan suasana kelas yang dinamis dan juga mampu menumbuhkan motivasi
belajar bagi peserta didik. Apalagi
sekarang mayoritas peserta didik memiliki handphone
android sehingga memudahkan
guru memberikan soal-soal latihan lewat media tersebut. Sebagai guru, sudah
saatnya berbenah untuk menyajikan metode pembelajaran disesuaikan dengan
perkembangan zaman. Jangan malah menghindar, tetapi bagaimana kita belajar dan
menerapkan metode bermuatan IT untuk pembelajaran di kelas.







Comments