"BELAJAR DARING SOSIOLOGI DENGAN
"METODE SHOWBIE"
"METODE SHOWBIE"
Memulai
awal tahun 2020, Indonesia mulai terkena wabah pandemi virus Corona (Covid
19). Virus ini ditengarai berasal
dari negara Wuhan, China kemudian menyebar ke seluruh penjuru dunia tidak terkecuali
juga negara Indonesia. Dampak yang
dirasakan dari pandemi ini terasa di semua bidang, baik itu bidang ekonomi,
sosial, pariwisata, bahkan pendidikan juga.
Di pertengahan bulan Maret 2020, pemerintah bahkan mengeluarkan kebijakan
agar semua sekolah mulai dari tingkat PAUD, TK, SD, SMP, SMA meminta peserta
didiknya untuk belajar di rumah. Hal ini
dilakukan untuk mengurangi kerumunan sebagai upaya memutus rantai penyebaran Covid
19. Semenjak tanggal 16 Maret 2020, semua sekolah
dan perguruan tinggi yang ada di Indonesia mulai menerapkan metode pembelajaran
kepada peserta didiknya secara daring
(dalam jaringan).
Agar
proses belajar mengajar tetap berlangsung meski tidak bertatap muka antara guru
dengan para peserta didiknya, maka pembelajaran dilakukan secara online . Para guru harus dapat menciptakan
metode-metode pembelajaran yang mengasyikkan melalui daring. Sementara dari pihak peserta didik harus
memiliki gawai yang bisa digunakan untuk bisa mengakses pembelajaran secara daring. Dampak positif dari pembelajaran secara
online antara lain, (1) Pembelajaran daring dapat dilakukan dimana saja
meskipun tidak selalu bisa dilakukan kapan saja. Dalam artian belajar menjadi lebih fleksibel,
dimana peserta didik dapat pada saat kapan
saja, bisa saat makan, menonton televisi, mendengarkan musik, bermain bersama
teman, dll; 2) Dapat
mengikuti perubahan dan perkembangan zaman yang semakin maju; (3) Informasi
pembelajaran lebih bisa cepat tersampaikan dan kalau misalkan ada tugas bisa
segera terkirim, (4) Tidak memerlukan ruangan/kelas khusus dalam penyampaian
materi; (5) Guru tidak menjadi satu-satunya sumber informasi, tetapi peserta
didik lebih leluasa dalam mengakses internet dalam memperoleh informasi.
Dibalik
dari dampak positif yang dimunculkan, ternyata ada dampak negatif juga yang
muncul dari pelaksanaan pembelajaran dengan daring, antara lain (1)Kurang
efektifnya sistem belajar mengajar, (2) Peserta didik lebih sulit dalam
memahami materi yang dipelajari, (3) Kurangnya interaksi sosial antar teman
ataupun guru, (4) Perilaku menggampangkan pelajaran, akibatnya peserta didik
susah dalam memahami pelajarannya.
Salah
satu pembelajaran yang bisa dijadikan untuk daring adalah dengan menggunakan
metode Showbie. Bagi penulis,
metode ini masih baru dan sangat mengasyikkan. Showbie adalah aplikasi pendidikan gratis untuk guru dan siswa. Kontennya berupa pembuatan dan penyelesaian
tugas, pemberian penilaian, dan penyimpanan nilai dengan mudah. Dengan belajar menggunakan showbie
maka juga dapat membantu siswa mengembangkan koleksi multimedia yang kaya dari
pekerjaan kelas, dan juga bisa memanfaatkan fitur diskusi untuk mengetahui
perkembangan siswa.
Pada dasarnya penggunaan pembelajaran dengan
media showbie sangat menarik, mengapa?.
Dikarenakan ada beberapa faktor pendorong, antara lain (1) fiturnya yang
sangat menarik, (2) terjalin komunikasi yang efektif antara guru dengan siswa
meski di dunia maya, (3) guru bisa melihat jawaban secara langsung dari apa
yang disampaikan oleh siswanya, (4) guru juga bisa memberi komentar dan siswa
bisa langsung mengetahuinya, (5) adanya fasilitas voice note di showbie
maka siswa bisa mendengar langsung suara gurunya ketika pembelajaran jarak jauh
(daring). Yang pasti dengan showbie pasti
siswa akan menemukan hal yang baru.
Secara singkat, dapat disimak bagaimana
langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran dengan showbie. Posisi kita sebagai guru, pada awalnya menuju
ke google dan menuliskan showbie.com. Setelah itu langsung sign in (masuk)
dengan menggunakan akun google yang kita miliki. Kemudian klik tanda kunci untuk membuat kelas
dan muncul kode kelas yang siap dishare ke siswa dan selanjutnya disave. Setelah langkah tersebut dilalui, akan muncul
tampilan berupa class discussion (sebagai media tempat diskusi antara
guru dengan siswanya satu kelas). Di
sini maka guru dan siswa dapat mengobrol
mulai dari pembahasan materi pelajaran, tugas, nasehat, saran maupun
motivasi. Seperti layaknya ketika belajar
di kelas.
Di samping itu juga, bisa ditambahkan dengan
postingan-postingan file bisa berupa dokumen, gambar, video, voice
note. Untuk membuat penugasan, maka
bisa kita klik new assignment. Di
sini secara otomatis, siswa dapat melihat secara langsung tugas yang diberikan
saat masuk ke showbie. Jangan
lupa ketika memberikan tugas diberikan judul tugasnya, dateline (batas
pengumpulan maksimal) kemudian disave.
Dalam memberikan soal atau pertanyaan, klik dulu tugas kemudian klik
lagi di bagian shared items.
Setelah itu kita bisa menuliskan apapun yang ingin disampaikan kepada
siswa kita pada tempat yang telah disediakan.
Selanjutnya jangan lupa untuk dipost. Sungguh mudah bukan?Hehe
Sebagai guru yang telah mencoba mempraktekkan
metode pembelajaran showbie ini di kelas, terutama saat pembelajaran
dengan daring (dalam jaringan) ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang saya
rasakan. Keuntungannya adalah (1) Bisa menjadi alternatif dalam pembelajaran
jarak jauh (daring), (2) Guru dapat memberikan tugas walau tidak memberikan
secara formal di kelas, (3) Terjalin komunikasi yang efektif antar guru dengan
siswanya, bahkan secara langsung siswa dapat mendengar suara gurunya, (4) Langkah-langkah
pelaksanaannya juga sangat mudah tidak merepotkan siswa, (5) Pengumpulan tugas
juga bisa cepat dikirim dan langsung mendapat penilaian atau respon dari guru
pengampu mapel. Sedangkan kelemahan
pembelajaran dari metode showbie ini antara laian, (1) Diperlukan
paketan data dan sinyal yang bagus agar bisa masuk ke showbie.com, (2)
Karena ada batas waktu pengumpulan, maka siswa yang telat membuka atau masuk ke
showbie pasti tidak akan tahu tugasnya dan tidak akan mengumpulkan, (3)
Karena yang terjadi adalah komunikasi antar individu, yaitu satu guru dengan
satu murid untuk satu kelasnya maka guru harus secara sabar dan telaten dalam
menuliskan respon atau tanggapan pada tempat yang disediakan.
Dalam pembelajaran sosiologi, metode showbie
ini telah dicobakan pada saat pandemi Corona sekarang. Hasilnya sangat signifikan, dimana siswa
sangat aktif dalam memberikan respon ketika diberikan tugas dalam menganalisis
suatu masalah. Hasil analisa mereka juga
cepat dikirim, sehingga gurupun bisa segera mengetahui tanggapan yang diberikan
siswa dan bisa memberikan umpan balik kembali.
Dengan begitu, siswa bisa lebih semangat dan termotivasi. Merekapun bisa lebih leluasa dalam menuliskan
tanggapannya di saat di kelas malu berbicara di depan teman-temannya, maka
dengan metode showbie tidak ada yang mengetahui kecuali guru pengampu
mapel dan siswanya itu sendiri.
Mungkin itu sedikit pengalaman yang bisa
dibagi dalam mengapresiasikan salah satu metode pembelajaran. Showbie menurut saya merupakan metode
pembelajaran yang menarik dan bisa menjadi salah satu alternatif pembelajaran
untuk diberikan ke siswa saat pandemi Corona seperti saat sekarang ini. Berikan pembelajaran metode pembelajaran yang
menarik, kreatif, dan inovatif tetapi tidak merepotkan sehingga siswa bisa
enjoy mengerjakannya.
Selamat mencoba semoga ada pengalaman baru
yang bisa diperoleh dengan showbie.............
Ditulis by Moms Anna
Pengampu mapel Sosiologi SMAN 1 Pulung Ponorogo
Ditulis by Moms Anna
Pengampu mapel Sosiologi SMAN 1 Pulung Ponorogo




Comments